Sabtu, 14 November 2015

Skripsi Mini Pemasaran

ANALISIS POSITIONING dan PERSEPSI KONSUMEN
TERHADAP EKSISTENSI MEREK CUSSONS  BABY
 ( Studi Kasus di Wilayah Kekalik)



Oleh
Lina Isnaini
Nim: A1B013085

JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS NEGERI MATARAM
MATARAM
2014/2015




KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadiran Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayatnya, sehingga saya dapat menyelesaikan Tugas akhir  pada mata kulyah Manajemen Pemasaran Lanjut yang berjudul “ANALISIS POSITIONING dan PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP EKSISTENSI MEREK CUSSONS BABY ( Study Kasus di Wilayah Kekalek)”. Tentu saja usaha dalam menyelesaikan tugas ini penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dalam meyempurnakan tulisan ini serta sebagai pengalaman dan pengetahuan yang sangat berarti  pada masa yang akan datang

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan ribuan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada :


1. Allah SWT atas kemudahan dalam pembuatan tulisan ini.
2. Drs. Rahman Dayani , M.Si
3. Kepada keluarga yang terlah memberikan dukungan baik moril, maupun materil.
4.Kepada Narasumber yang kami berikan quisoner

                                                                                         










                                                                                                          Mataram, Mei 2015

                                                                                                                      Penulis




                                                   

DAFTAR  ISI
HALAMAN SAMPUL                                                                                                         i
KATA PENGANTAR                                                                                                         ii
DAFTAR ISI                                                                                                                         iii
BAB I PENDAHULUAN                                                                                                    1
1.1  Latar Belakang                                                                                                         1
1.2 Rumusan Masalah                                                                                                     2
1.3 Tujuan                                                                                                                       2
1.4 Manfaat                                                                                                                    2
BAB II TINJAUAN PUSTAKA                                                                                         3         
2.1 Konsep Produk                                                                                                        3
2.2 Konsep Merek                                                                                                         3
2.3 Persepsi                                                                                                                    4
2.4 Positioning                                                                                                               4

BAB III METODELOGI PENELITIAN
3. 1 Jenis Penelitian                                                                                                       6
3. 2 Metode Pengumpulan Data                                                                                    6
3. 3 Populasi dan Sampel                                                                                              6
3. 3. 1 Populasi                                                                                                            6
3. 3. 2 Sampel                                                                                                             6
BAB IV PEMBAHASAN                                                                                                               
4.1. Atribut Yang Di gunakan                                                                                       7
4.2. Persepsi                                                                                                                   7
4.3. Keunggulan Merek Cussons Baby dari yang lainnya                                             7
4.4 Pengaruh Positioning Dan Persepsi                                                                         7
4.5 Strategi Pemasaran                                                                                                  8
BAB V PENUTUP...................................................................................................................
           5.1 Kesimpulan .............................................................................................................9
           5.2 Saran                                                                                                                      ..9
DAFTAR PUSTAKA




BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perang pemasaran adalah perang untuk memperebutkan apa yang ada di dalam benak konsumen (Kasali, 2001). Atau segala cara yang dilakukan untuk membuat produk dan merek terlihat unik dalam benak konsumen (Kotler, 2007). Segala hal yang dilakukan untuk membuat konsumen menempatkan suatu merek di benak konsumen disebut positioning. Soehardi mengatakan bahwa merek yang sukses harus mampu mendominasi benak konsumen dan pasar (Kodrat, 2006). Loyalitas konsumen dapat dihasilkan bagi sebagian besar industry apabila ada 2 kondisi, yaitu : dominasi pikiran pelanggan dan dominasi pasar (Marketing,November 2005).
Stephen King menyatakan bahwa produk dihasilkan pabrik sementara merek adalah sesuatu yang dicari pembeli. Produk sangat mudah ditiru, sementara merek selalu memiliki keunikan dan nilai tambah. Produk sulit bertahan lama, sementara merek yang sukses akan bertahan sepanjang jaman (SWA 27 Juli – 9 Agustus 2006). Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan, selain mengembangkan produk, perusahaan juga harus memperkuat merek agar produk tetap bertahan. Merek merupakan janji yang harus dipenuhi produsen terhadap konsumen atas produk yang dihasilkan produsen (Kodrat, 2006).
                Merek Cussons Baby merupakan  produk untuk  menyiapkan segala perlengkapan bayi seperti sabun mandi untuk bayi, sampo, minyak telon, tisu basah, baby oil, bedak dan lain sebagainya. Produk ini di produksi oleh PT PZ Cussons Baby. Ada beberapa jenis merek sabun bayi yang di kenal di masyarakat seperti Jonshon, Switzal, My Baby, Mitu Baby, dan lain sebagainya. Namun disini yang lebih banyak di gunakan atau di kenal oleh masyarakat khusunya di wilayah kekalek adalah  merek Cussons Baby. Produk ini mudah di temukan di mana mana, baik di pedangang kecil ataupun super market.
Melalui penelitian ini penulis ingin menggali informasi tentang positioning dan persepi konsumen terhadap merek Cussons Baby sehingga menyebabkan tetap eksisnya produk  dengan merek Cussons Baby yang sudah lama tidak hilang walaupun banyak pesaing yang ada.

1.2 Rumusan Masalah
            Berdasarkan latar belakang di atas penulis merumuskan beberapa masalah yang akan di teliti sebagai berikut :
  1. Atribut-atribut apa yang memepengaruhi positioning  merek Cussons Baby di mata masyarakat ?
  2. Apa persepi masyarakat ketika di sebutkan  merek Cussons Baby ?
  3. Apa yang menjadi keunggulan dari merek Cussons Baby dari pesainggnya ?
  4. Bagaimana pengaruh positioning dan persepsi konsumen terhadap eksistensi merek Cussons Baby ?
  5. Strategi apa yang dapat diterapkan untuk memperkuat positioning dan persepsi merek Cussons Baby ?
1.3 Tujuan
  1. Untuk mengetahui atribut-atribut apa yang di gunakan untuk mempengaruhi positioning pada Cussons Baby .
  2. Untuk mengetahui persepi masyarakat ketika di sebutkan merek Cussons Baby.
  3. Untuk mengetahui keunggalan yang di milki Cussons Baby terhadap pesaingnnya.
  4. Untuk mengetahu pengaruh positioning dan persepi konsumen terhadap eksistensi dari produk Cussons  Baby.
  5. Untuk mengetahui strategi apa yang di gunakan untuk memperkuat positioning persepsi konsumen terhadap merek Cussons Baby.
1.4 Manfaat
1      Bagi Peneliti/ Akedemi
·         Membentuk dan melatih keberanian agar terbiasa terjun ke lapangan
·         Memperluas wawasan penulis terhadap fenomena marketing khusunya pada positioning dan persepsi produk.
·         Memberikan informasi tentang penyebab eksistensi merek Cussons Baby.
2. Bagi perusahaan
·         Sebagai sumbangan informasi untuk menyusun strategi pemasaran. Khususnya menetapkan positioning dan persepsi di konsumen.
3. Bagi Pihak Lain
·         Di harapkan hasil penelitian ini dapat menambah wawasan dan infromasi serta pengetahuan bagi pihak-pihak yang tertarik pada bidang ini.



 
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Konsep Produk
            McCarty (Simamora, 2001) memberikan definisi mengenai produk, yaitu suatu tawaran dari sebuah perusahaan yang memuaskan atau memenuhi kebutuhan. Produk dapat berbentuk fisik dan kasat mata (tangible), serta dapat berbentuk sesuatu yang tidak kelihatan (intangible). Produk juga merupakan penjabaran persepsi konsumen melalui hasil produksinya (Tjiptono, 1997). Dalam merencanakan penawaran atau produk, pemasar perlu memahami lima tingkatan produk (Tjiptono, 1997), yaitu :
  1. Produk utama/inti (core benefit), yaitu manfaat yang sebenarnya dibutuhkan dan akan   dikonsumsi oleh pelanggan dari setiap produk.
  2. Produk generik, yaitu produk dasar yang mampu memenuhi fungsi produk yang paling dasar (rancangan produk minimal agar dapat berfungsi).
  3. Produk harapan (expexcted product), yaitu produk formal yang ditawarkan dengan berbagai atribut dan kondisinya secara normal (layak) diharapkan dan disepakati untuk dibeli.
  4. Produk pelengkap (augmented product), yakni berbagai atribut produk yang dilengkapi atau ditambahi berbagai manfaat dan layanan, sehingga dapat memberikan tambahan kepuasan dan bisa dibedakan dengan produk pesaing.
  5. Produk potensial, yaitu segala macam tambahan dan perubahan yang mungkin dikembangkan untuk suatu produk di masa mendatang.
Kotler menyebutkan bahwa setiap produk memiliki hierarki yang terdiri dari tujuh tingkatan (Tjiptono, 1997), yaitu:
  1. Need family, yaitu kebutuhan inti, dasar yang membentuk product family
  2. Product family, yaitu seluruh kelas produk yang dapat memuaskan suatu kebutuhan inti/dasar dengan tingkat efektivitas yang memadai
2.2 Konsep Merek
American Marketing Association yang dikutip dari Kotler (2007) mendefinisikan merek sebagai nama, istilah, tanda, simbol, atau desain, atau kombinasi semuanya, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa penjual atau sekelompok penjual dan untuk mendiferensiasikannya dari barang atau jasa pesaing. Kartajaya (Simamora, 2001) mengatakan bahwa merek lebih penting dari produk itu sendiri dan pada saat orang membeli produk, orang cenderung membeli mereknya.
Menurut Durianto, dkk (2004) merek lebih dari sekedar jaminan kualitas kerena di dalamnya tercakup enam pengertian sebagai berikut :
  1. Atribut. Suatu merek dapat mengingatkan pada atribut-atribut tertentu.
  2. Manfaat. Meskipun suatu merek membawa sejumlah atribut, konsumen sebenarnya membeli manfaat dari produk tersebut.
  3. Nilai. Suatu merek juga menyatakan sesuatu tentang nilai produsennya.
  4. Budaya. Suatu merek melambangkan budaya tertentu.
  5. Kepribadian. Suatu merek dapat mencerminkan kepribadian tertentu.
  6. Pemakai. Suatu merek menunjukkan jenis konsumen yang membeli atau menggunakan suatu produk.

2.3 Persepsi
Menurut Hawkins (2007), proses informasi merupakan serangkaian aktivitas di mana stimulus atau rangsangan diterima oleh konsumen, kemudian diubah menjadi informasi dan setelah itu disimpan dalam memori konsumen. Sebuah proses informasi yang bermanfaat memiliki 4 tahap utama, yaitu :
  1. Persepsi dimulai dengan exposure. Exposure terjadi ketika stimulus sampai dalam jarak syaraf penerima panca indera konsumen. Konsumen ditunjukkan hanya pada sebuah bagian kecil dari stimulus yang tersedia, dan ini biasanya hasil dari seleksi pribadi.
  2. Attention terjadi ketika stimulus mengaktifkan satu syaraf penerima atau lebih dan menghasilkan suatu sensasi yang kemudian bergerak ke otak untuk diproses lebih  lanjut. Konsumen secara selektif mengikuti stimulus sebagai faktor stimulus, factor individu, dan faktor situsional. Faktor stimulus merupakan karakteristik fisik dari stimulus itu sendiri, seperti ukuran, warna, bentuk, jumlah informasi, dll. Faktor individu adalah karakteristik dari individu, seperti motivasi, dan kemampuan. Faktor situasional termasuk stimulus dalam lingkungan yang lain dari stimulus fokus dan karakteristik sementara dari individu yang dipaksa dari lingkungan.
  3. Interpretation adalah penugasan makna ke stimulus yang telah diikuti. Interpretation cenderung relatif daripada absolut. Interpretation sebagian besar adalah sebuah fungsi dari sifat, pembelajaran, dan pengharapan individu yang dipicu oleh stimulus dan dipengaruhi oleh situasi.
  4. Memory merupakan penggunaan jangka pendek dari makna untuk pengambilan keputusan yang dilakukan dengan cepat atau daya ingat jangka panjang dari makna. Dari memory akan mempengaruhi keputusan konsumsi dan pembelian.
Lynch dan Scrull mengatakan manusia menyimpan informasi dalam bentuk jaringan  semantik yang terdiri dari berbagai memory nodes (pusat-pusat informasi) (Kasali, 2001). Hutchinson dan Moore (Kasali, 2001) menemukan bahwa terdapat lima jenis informasi yang dapat disimpan dalam memory node, yaitu :
1. Nama merek-merek tertentu
2. Karakteristik merek tersebut ( dinyatakan dalam bentuk atribut)
3. Iklan-iklan mengenai merek itu
4. Kategori produk
5. Hasil evaluasi konsumen terhadap merek tertentu beserta iklan-iklannya.

2.4 Positioning
Positioning adalah strategi komunikasi untuk memasuki jendela otak konsumen, agar produk atau merek tersebut mengandung arti tertentu yang mencerminkan keunggulan produk atau merek dalam bentuk hubungan asosiatif (Kasali, 2001).
Tjiptono (1997) menyebutkan ada tujuh pendekatan yang dapat digunakan untuk melakukan positioning, yaitu :
1.      Positioning berdasarkan atribut, ciri-ciri atau manfaat bagi pelanggan (attribute positioning), yaitu dengan jalan mengasosiasikan suatu produk dengan atribut tertentu, karakteristik khusus, atau dengan manfaat bagi pelanggan. Pemilihan atribut yang akan dijadikan basis positioning harus dilandaskan pada 6 kriteria berikut :
a.    Derajat kepentingan (importance), artinya atribut tersebut sangat bernilai di mata sebagian besar para pelanggan.
b.    Keunikan (distinctiveness), artinya atribut tersebut tidak ditawarkan perusahaan lain. Bisa pula atribut itu dikemas secara lebih jelas oleh perusahaan dibandingkan pesaingnya.
c.    Superioritas artinya atribut tersebut lebih unggul daripada cara-cara lain untuk mendapatkan manfaat yang sama.
d.   Dapat dikomunikasikan (communicability), artinya atribut tersebut dapat dikomunikasikan secara sederhana dan jelas, sehingga pelanggan dapat memahaminya
e.    Preemptive, artinya atribut tersebut tidak mudah ditiru oleh para pesaing.
f.     Terjangkau (affordability), artinya pelanggan sasaran akan mampu dan bersedia membayar perbedaan/keunikan atribut tersebut. Setiap tambahan biaya atas karakteristik khusus dipandang sepadan nilai tambahnya.
g.    Kemampulabaan (profitability), artinya perusahaan bisa memperoleh tambahan laba dengan menonjulkan perbedaan tersebut.
2.    Positioning berdasarkan harga dan kualitas (price and quality positioning), yaitu positioning yang berusaha menciptakan kesan/citra berkualitas tinggi lewat harga tinggi atau sebaliknya menekankan harga murah sebagai indikator nilai.
3.    Positioning yang dilandasi aspek penggunaan atau aplikasi (use/application positioning)
4.    Positioning berdasarkan pemakai produk (user positioning), yaitu mengaitkan produk dengan kepribadian atau tipe pemakai.
5.    Positioning berdasarkan kelas produk tertentu (product class positioning)
6.    Positioning berkenaan dengan pesaing (competitor positioning), yaitu dikaitkan dengan posisi persaingan terhadap pesaing utama.
7.    Positioning berdasarkan manfaat (benefit positioning)
Dalam positioning ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu (Kasali,2003) :
  1. Positioning adalah strategi komunikasi yang dilakukan untuk menjembatani merek atau produk pada calon konsumen.
  2. Positioning bersifat dinamis yang mengacu pada kondisi persaingan di pasar. Bila pemimpin pasar jatuh dan pendatang baru berhasil menguasai tempat tertentu, maka positioning produk juga berubah.
  3. Positioning berhubungan dengan event marketing karena berhubungan dengan citra di benak konsumen.
  4. Positioning berhubungan dengan atribut produk sehingga konsumen tidak membeli produk, tetapi mengkombinasikan atribut suatu produk. Atribut itulah yang ditonjolkan produsen dalam positioning.
  5. Positioning harus memberi arti dan arti itu harus dianggap penting. Jadi dalam positioning harus mencari atribut-atribut apa yang dianggap penting dan
mengkombinasikan menjadi berarti.
  1. Atribut-atribut yang dipilih harus unik sehingga dapat dibedakan dengan pesaing.
  2. Positioning harus diungkapkan dalam suatu pernyataan (positioning statement).
Aaker dan Shansby (2001) menetapkan ada 6 langkah dalam menggunakan strategi positioning, yaitu :
1. Menentukan siapa saja pesaing produk tersebut
2. Mencari bagaimana pesaing dirasakan dan dinilai oleh pembeli
3. Mencari seperti apa posisi pesaing
4. Melakukan analisis pada pelanggan
5. Memilih posisi yang diinginkan oleh produk tersebut
6. Memonitor perkembangan posisi produk tersebut setiap waktu.


BAB III
METODELOGI PENELITIAN
3.1 Jenis Penelitian
            Jenis penelitian yang di ambul oleh penulis adalah jenis penelitian deskripif kualitatif yaitu merupakan penelitian yang termasuk dalam jenis penelitian kualitatif.
3.2 Jenis dan Sumber Data
3.3.1 Data Primer
Data primer yaitu data penelitian yang diperoleh secara langsung dari sumber. Data ini diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden. Dalam penelitian ini juga langkah dalam mendapatkan data selain menyebarkan kuisoner juga menggunakan wawancara kepada narasumber langsung dan membimbing langkah-langkah menjawab kuisoner yang telah di sebarkan.
3.3.2 Data Sekunder
Data sekunder yaitu data yang diperoleh secara tidak langsung atau melalui pihak lain, atau yang telah disusun dalam arsip yang dipublikasikan atau tidak. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari internet.
3.4 Metode Pengumpulan Data
3.4.1 Kuesioner
Kuesioner adalah daftar pertanyaan tertulis yang dirumuskan sebelumnya sebelum dijawab oleh responden.
3.5 Populasi dan Sampel
3.5.1 Populasi
Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek atau subyek yang memiliki kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya (Sugiyono, 2008). Populasi dalam penelitian ini adalah masayarakat yang mempunyai balita umur 0-6 tahun dengan menggunakan pelengkapan bayi Merek Cussons Baby di wilayah kekalek. Jumlah keluarga yang terdaftar dan mempunyai anak dari 0-5 tahun di wilayah Kekalik Jaya berdasarkan data tahun 2015 yang mengikuti posyandu rutin sebanyak 100 keluarga.
3.5.2 Sempel
Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut (Sugiyono, 2008).
  • Teknik pengambilan sampel di sini ada adalah dengan sempel acak yaitu menemui ibu ibu yang memepunyai anak dari 0-5 tahun  di Posyandu dan berkeliling di sekitar wilayah kekalek jaya. Teknik pengambilan sempel random pun yaitu dengan teknik dengan rumus:        =10%x Jumalah Populasi= 10%x 100= 10

 
BAB IV
PEMBAHASAN

Dari penyebaran kuisoner dan wawancara langsung di beberapa narasuber menjawab bahwa  produk bayi merek Cussons Baby di lihat dari :
4.1 Atribut Yang Di gunakan
1.      .Kualitas Produk
            Kulaitas produk yang ada pada merek Cussons Baby bagus hal ini di buktikan dari jawaban narasumber yang mengatakan kualitasnya bagus. Manfaat yang terkadung dalam merek Cussosn Baby seperti aman untuk Baby. Dan banyak dari narasumber tidak pernah mengeluhkan produk merek Cussons Baby. Bahkan orang dewasapun banyak yang menggunkan Cussons Baby untuk perawatan.
2.      Fitur Produk
Fitur-fitur yang terdapat dalam perlengkapan bayi merek Cussons Baby mampu bersaing  dengan baik di benak konsumen karena banyak varisi mulai dari sabun,sampo, minyak telon dan masih banyak yang lainnya.
3.      Kemasan
Jika di lihat dari jawaban narasumber mengatakan bahwa tampilan tampilan dari kemasan Cussons Baby memang bagus sehingga dapat menjadi  unsur yang menarik minat konsumen untuk membeli.
  • Positioning
Hal di atas bisa kita jadikan acuan bahwa yang menjadi positioning dari produk bayi merek Cussons Baby adalah karena kelengkapan produk yang di miliki sehingga membuat konsumen selalu teringat dan menjadi memory yang tak akan terlupakan.
4.2 Persepsi
            Persepsi masyarakat jika di sebutkan merek Cussons Baby adalah merek yang mempunyai alat-alat untuk perlengkapan bayi, dan merupakan merek yang selalu di gunakan oleh masayarakat dan harganya yang terjangkau bisa di sesuaikan oleh kapasitas finansial konsumen sehingga menimbulakan persepsi masyarakat yangt bagus pada produk merek Cussons baby. Bukan hanya hal itu karena Cussons baby merupakan merek yang sudah lama sehingga banyak masyarakat menggunakan Cussons Baby. Menurut jawaban dari responden pula hal yang dapat mempengaruhi dalam keputusan membeli karena budaya dan sejarah yaitu secara turun temurun masyarakat menggunakan Cussons Baby dari anak pertama sampai anak terakhir.
4.3 Keunggulan Merek Cussons Baby dari yang lainnya
            Jika di lihat dari marketing mix yang di terapkan oleh perusahaan yang memproduksi merek Cussons Baby yang paling menonjol di sini adalah PLACE yaitu merek Cussons Baby mudah di dapat di mana-mana, mulai dari warung-warung kecil yang ada di desa maupun di kota, sampai pada supermarket besar, jika di lihat secara sepintas di setiap dusun atau gubuk ada yang menjual Cussons baby. Walaupun juga harga yang di terapkan pada merek Cussons Baby dapat di jangkau oleh semua kalangan. Jadi hal ini yang menyebabkan unggulnya produk Cussons Baby adalah distibusi yang di lakukan oleh perusahaan menyebar di mana mana sehingga akses untuk mendapatkannya  mudah.
4.4 Pengaruh Positioning Dan Persepsi
            Di atas telah di sebutkan bahwa positioning dari Merek Cusons Baby adalah kelengkapan produknya yang dapat memenuhi kebutuhan untuk bayi di mulai dari sampo sampai cutton buds. Sehingga hal ini sangat dan jelas berpengaruh terhadap eksistensi dari produk bayi merek Cussons Baby sampai sekarang, konsumen lebih banyak memilih merek Cussons Baby dan loyalitas konsumen sangat bagus sehingga enggan untuk membeli merek-merek yang lainnya. Persepsi masyarakat yang di timbulkan oleh pembelian konsumen secara turun temurun menyebabkan pula eksistensi merek Cussons Baby.
4.5 Strategi Pemasaran
            Strategi pemasaran yang di gunakan di lihat dari Markering Mix.
Ø  Produk : Produk yang di gunakan adalah produk yang mempunyai kulaitas yang bagus dan selalu menciptakan inovasi- baru.
Ø  Price    : Di atas telah di jelaskan harga yang tetapkan dapat terjangkau.
Ø  Place    : Akses dalam memperoleh produk Merek Cussons Baby Mudah di dapatkan di mana-mana
Ø  Promotion: Promosi yang di gunakan oleh perusahaan Cussons adalah promosi di media TV.
Strategi Pemasaran di lihat dari STPB
            Segment yang di bidik oleh perusahaan Cussons adalah tergolong ibu-ibu yang mempunyai bayi dan balita. Tagertnya adalah ibu-ibu,  positing yang di gu7nakn oleh meyediakan variasi pilihan dan kelengkapan produk sehingga memuaskan konsumen.  Imej masyarakat yang menggunkan merek Cussons Baby yang selalu secara turun temurun dan merupakan produk yang sudah lama sehingga menimbulkan Brand yang bagus yang di imbangi dengan kualitas yang memadai sesuai dengan harga, kemasan dan yang lainya.

 



BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
            Berdasarkan pembahasan di atas dapat di tarik kesimpulan bahwa persepsi masyarakat yang mengatakan selain produk bayi merupakan produk bayi yang selalu di ingat dan banyak di gunakan di masyakat secara turun temurun dan memiliki kulaitas yang memadai dan kemudahan dalam mendapatkan produknya. Positoning produknya yaitu kelengkapan yang di sediakan sehingga konsumen tidak  mudah untuk mencari merek-merek yang lain untuk memenuhi kebutuhan dan meimbulkan loyalitas konsumen. Hal inilah yang menyebabkan eksistensi Cussons Baby walaupun sudah lama dan banyak produk pesaing di pasaran namun imej dan positioning Cussosn Baby tidak dapat merubah loylitas konsumen yang sudah ada.
5.2 Saran
  • Bagi Perusahaan
Terus untuk melakukan inovasi memunculkan produk yang baru guna memenuhi kebutuhan konsumen.
  • Bagi Konsumen atau Masyarakat
Berhati-hati memilih produk yang aman untuk bayi merekan dan lebih selektif lagi memilih.
  • Bagi Peneliti
Melakukan penelitian yang lebih mendalam untuk melakukan penelitian untuk menggali informasi yang lebih banyak.















 



DAFTAR PUSTAKA

Koltler Philip. Manajemen Pemasaran, Jakarta : PT Prenhalindo, 2002.
















 
 

0 komentar:

Posting Komentar

 
isnainilina Blogger Template by Ipietoon Blogger Template