Upaya Sabun Cuci Piring Meluaskan Pasar
ULASAN :
Konsumen
adalah pembeli dan pemakai produk yang kita pasarkan. Tanpa konsumen, produk
kita menjadi sia-sia, tidak ada yang beli. Untuk itu, mengelola konsumen atau
pasar harus dilakukan oleh marketer yang handel. Ini bisa dijalankan melalui
beberapa cara: masuk kepasar yang baru (new market), mengembangkan pasar
(market retention). Sunlight berupaya memanfaatkan strategi ini.
Pertama, sunlight meluncurkan kemasan kecil dengan
harga Rp 1000,.ini membuka peluang untuk masuk ke pasar yang lebih rendah (low
end market). Selama ini sunlight hanya melayani segmen menengah atas yang mampu
membeli pada harga lebih dari Rp 3000,. Dengan Sunlight Rp 1000,. Segmen pasar
yang bisa membeli sabun cuci piring pada kisaran harga Rp 1000,. Sekarang mampu
dijangkau. Ini membuka kesempatan memperoleh pelanggan baru yang sebelumnya
memakai sabun cuci murah seperti bentuk colek atau krim.
Kedua, untuk mempertahankan pelanggan saat ini,
sunlight memberikan hadiah berupa wadah dengan tujuan supaya pelanggan tetap
setia. Bahkan adanya wadah ini memungkinkan pemakaian Sunlight menjadi lebih
banyak. Mengapa? karena konsumen difasilitasi kemudahan memakai Sunlight. Wadah
ini juga bisa meningkatkan ikatan (customer bonding) merek Sunlight dengan
pelanggan. Konsumen yang melihat wadah tadi jadi selalu ingat Sunlight di
hatinya.
Belum cukup di sini, Sunlight mengembangkan pasar
dengan menggeber program Agen 1000 Sunlight. Ini dilakukan dengan memberdayakan
pelanggannya. Istilahnya yang umum adalah “member get member” atau referrel
marketing. Idenya mengembangkan pasar dari pelanggan yang sudah ada supaya
menarik pelanggan baru.
Bagaimana dengan mama lime? Tampaknya mama Lime
lebih suka mengembangkan pasar yang sudah ada. Mama Lime mengenalkan pengguna
baru (new usage) produknya. Seperti diketahui kebanyakan prilaku konsumen
indonesia kalau akan memakan buah atau sayuran mencuci lebih dulu dengan air.
Mama Lime berupaya mendidik pasar (educate market) kalau mencuci dengan air
saja tidak cukup bersih, masih kotor atau ada bakterinya. Untuk itu perlu
dicuci dengan Mama Lime yang diklaim mengandung Anti Bacterial Agent supaya
bersih. Otomatis ini menimbulkan manfaat baru sabun cuci yang sebelumnya hanya
untuk mencuci piring, kini digunakan untuk mencuci sayuran dan buah. Pemakaian
sabun cuci menjadi sering dan cepat habis sehingga konsumen membeli lebih
sering
Petanyaan Tantang
1. Apa
dampak masuknya Sunlight dengan
harga
Rp 1.000,- terhadap produk sabun yang di juga di pasarkan Unilever,
misalnya sabun cuci piring krim atau colek ?
Dampak masuknya Sunlight dengan harga Rp
1.000,- yang terbilang harga ini merupakan harga yang cukup terjangkau bagi semua
kalangan menyebabkan banyaknya sabun cuci krim atau colek yang di pasarkan
unilever kehilangan pasar sasaran yang sudah di bidik.
Sehingga sabun cuci yang berbentuk krim atau colek kurang di minati konsumen bahkan ilang di pasaran.
2. Apa
pertimbangan yang yang perlu di pikirkan saat sabun cuci piring melakukan
perluasan manfaat yang sangat berbeda ?
·
Diversifikasi
Adalah saha perluasan produksi dengan cara
menganekaragamkan hasil produksi, baik dari jenis, warna, rasa, ukuran, dll.
Dalam hal ini produsen dituntut harus memiliki pemikiran yang kreatif agar
hasil produksinya dapat diterima dan laris di pasaran. Dalam kasus di atas bahwasanya sunlight mempunyai
aneka variasi dari ukuran produk di dapatkan seperti adanya sunlight dari
ukuran mini dan besar sehingga manfaat yang ada dalam produk tersebut dapat di
rasakan oleh segmen-segmen pasar yang lainnya. Kedua yang di lakukan sabun cuci
piring adalah melakukan beberapa karakteristik dari produknya seperti adanya
sabun cuci piring yang berbau jeruk nifis (sunlight jeruk nifis) yang mampu
membersikan dengan kilap, anti bakteri
(sunlight anti bakteri) yang mampu membunuh bakteri di sisa sisa makanan
yang tertempel di piring, dll. Sehingga produk yang di miliki terlihat berbeda
dari sebelumnya.
·
Ekstensifikasi
Adalah sebuah usaha untuk meningkatkan mutu
(kualitas) dan jumlah (kuantitas) hasil produksi dengan cara penerapan sistem
manajemen yang efektif dan penggunaan teknologi. Disini sudah jelas setiap produk haruslah mengedepankan kualitas dari
produknya, kuantitas maupun akses dalam mendapatkan produk tersebut.
·
Atribut produk
Atribut memang
hal yang mutlak ada dalam sebuah produk sebelum di pasarkan. Namun untuk
memperluas manfaat produk atribut haruslah di perhatikan agar telihat berbeda
dengan yang lainnya. Seperti kemasannya yang tidak mudah tumpah, bonus dalam
membeli produk tersebut berupa wadah dengan merek produk. Karena pada dasarnya orang
tertarik untuk membeli produk dimulai
dari melihat desain produk hingga
ukuran produk, lalu kemudian melihat manfaatnya, karena dengan melihat
kemasannya yang lebih menarik, orang bisa berpaling untuk membeli produk
tersebut.
·
Benefit produk
Hal utama yang
harus di perhatikan dalam memperluas manfaat produk adalah mencari tahu apa keunutngan
(bnefit) yang lebih dari sebuah produk, sehingga konsumen akan tertarik untuk
membeli produk tersebut. Ini akan menimbulkan rasansangan yang baik bagi
psikologis konsumen. karena pada dasarnya konsumen juga tidak mau rugi dalam
hal menggunakan produk yang tidak sesuai dengan pengorbanan yang di keluarkan.
Dalam kasus ini pun sunlight memberikan kita informasi dalam memperluas
manfaatnya seperti memberikan keuntungan lebih hemat
dibandingkan dengan sabun cuci colek karena sabun cuci cair cukup memakai
sedikit bisa bersih dan harum, noda bekas lemak akan cepat hilang jika
menggunakan sabun cuci cair.
·
Penggunaan baru produk
Penggunaan baru
merupakan sebuat strategi yang di lakukan oleh para mareker unutk mempuas
pasarnya. Penggunaan baru tersebut adalah suatu produk yang mempunyaai kegunaan
yang lebih dari sebelummnya. Dalam kasus di atas misalnya Mama Lime berusaha
menciptakan penngunaan baru dari produk yang tidak hanya unutk mencuci piring
namun mampu mencuci buah dan sayur. Inilah hal yang harus di pertimbangkan
dalam memperluas manfaat .
3. Apa
perbedaan dan persamaan antara program Agen 1000 Sunlight dengan MLM (Multi Level
Marketing) ?
Sebelum menjelaskan
perbedaan dann persamaan terlebih dahulu kami akan menjelaskan bahwa agen 1000
sunlight merupakan strategi untuk memperluas pasar atau sering di sebut dengan
viral marketing yang mengadopsi MLM. Sama namun tak serupa.
Persamaan :
1. Sama sama melakukan system network atau jaringan dalam
memasarkan produk
2. Sama –sama menjalankan pemasaran dan memperluas pasar
melalui system distribusi
3. Sama- sama melakukan penjualan secara langsung.
Perbedaan :
1. Untuk
bergabung di MLM biasanya ada uang pendaftaran/membership, sedangkan pada Viral
Marketing tidak ada, cukup mengisi formulir pendaftaran
2. MLM biasanya
memberlakukan 2 harga, yaitu harga member dan harga non member, dimana harga
member lebih murah, sedangkan pada Viral Marketing harga berlaku sama.
3. Di jaringan
pemasaran MLM biasanya ada level/tingkatan marketingnya, sedangkan pada Viral
Marketing tidak ada,semua member sama statusnya
4. MLM biasanya
menerapkan tutup point yg hrs dipenuhi marketingnya untuk mendapatkan bonus
atau naik peringkat, sedangkan pada Viral Marketing tidak ada.
5. Produk MLM tidak dijual bebas tapi hanya bisa
dibeli dari para marketing MLM (member),sedangkan produk Viral Marketing bisa
dijumpai dimana saja.
6. MLM biasanya
tidak mempunyai rentang waktu atau
memiliki rentang waktu panjang dalam organisasinya sedangkan Viral Marketing
mempunyai rentang waktu yang singkat.
0 komentar:
Posting Komentar